catatan Seputar Informasi Ter Update

Senin, 09 September 2019

4 Pemanis Alami yang Lebih Sehat untuk Pengganti Gula

Ukuran mengonsumsi gula yang baik optimal 9 sendok teh /hari untuk pria serta 6 sendok teh /hari untuk wanita. Tetapi, terkadang susah pastikan berapakah banyak gula yang dikonsumsi sebab bahan pemanis ini tersembunyi dalam bermacam-macam minuman dan makanan.



Mengonsumsi gula dalam ukuran yang terlalu berlebih dapat memunculkan beberapa permasalahan kesehatan, diantaranya tingkatkan efek penyakit jantung, diabetes, obesitas, bahkan juga beberapa type kanker. Diluar itu, kebanyakan gula dapat juga percepat penuaan kulit.

Jadi, haruskah Anda menghindarkan minuman dan makanan manis? Pemanis tidak harus selalu berupa gula. Anda dapat meningkatkan cita rasa manis di makanan atau minuman dengan pemanis alami yang diklaim mempunyai efek penyakit jauh yang lebih kecil. Tersebut beberapa pemanis alami yang dapat Anda pilih.

1. Stevia

Pemanis alami ini terbuat dari ekstrak daun tanaman Stevia rebaudiana, yang awalnya tumbuh di Brazil serta Paraguay. Stevia diketahui jadi pemanis alami yang bebas kalori, sebab jumlahnya kalorinya benar-benar rendah. Hingga, pemanis yang satu ini pasti pas buat Anda yang sedang berupaya turunkan berat tubuh.

Stevia diketahui mempunyai sederatan faedah kesehatan, seperti turunkan tekanan darah, kurangi efek kanker pankreas, dan pas untuk pasien diabetes. Satu studi memberikan laporan, stevia bisa membunuh sel kanker payudara.

Tidak cuma lebih sehat, stevia nyatanya lebih manis dibanding gula pasir. Stevia mempunyai tingkat kemanisan 200-300 kali, dibanding gula pasir di dapur rumah Anda.

2. Xylitol

Xylitol adalah type gula alkohol, sebab susunan kimianya adalah gabungan susunan kimia gula dengan susunan kimia alkohol. Walaupun demikian, Anda tidak butuh cemas. Karena, gula alkohol tidak memiliki kandungan etanol, hingga tidak memabukkan.

Pemanis alami ini banyak dipakai dalam produk permen mint, permen karet, produk makanan untuk pasien diabetes, dan produk kesehatan gigi. Rasa-rasanya manis seperti gula pasir, tetapi memiliki kandungan 40 % kalori lebih rendah.

Dengan kalori yang lebih dikit dari gula, xylitol diakui dapat jaga berat tubuh Anda. Tidak sampai disana, banyak studi menunjukkan, xylitol jadi pilihan pemanis alami alternatif gula untuk pasien diabetes, tingkatkan kesehatan gigi, dan kurangi efek infeksi pada telinga.

3. Eritritol

Seperti xylitol, eritritol pemanis alami yang terhitung dalam type gula alkohol. Rasa-rasanya hampir serupa dengan gula, tetapi tambah lebih sehatkan, dengan kalori yang lebih dikit.

Eritritol jadi pemanis alami alternatif gula buat pasien diabetes. Eritritol menolong kurangi efek penyakit jantung, dan tidak tingkatkan kandungan cholesterol serta trigliserida di badan. Eritritol cuma mempunyai 6 % dari keseluruhan kalori yang ada di gula.

Walaupun demikian, sebagian orang alami permasalahan pencernaan, jadi resikonya dari alternatif gula ini. Sehngga Anda dianjurkan tidak untuk terlalu berlebih dalam mengonsumsi eritritol, yaitu kurang dari 50 gr pada sebuah hidangan.

4. Yakon

Tumbuhan yakon, yang mempunyai nama latin Smallanthus sonchifolius, sudah banyak dipakai jadi tanaman obat semenjak dulu di Amerika Selatan. Tumbuhan ini sudah diketahui jadi pemanis, yang dibikin berbentuk sirop.

Yakon bisa menolong penurunan berat tubuh. Satu studi menunjukkan ini, lewat pemberian sirop yakon pada 40 responden. Hasilnya, penurunan berat tubuh mereka sampai rata-rata 15 kg.

Diluar itu, yakon memiliki kandungan type karbohidrat yang disebutkan Fructooligosaccharides atau FOS. FOS bisa jadi makanan untuk bakteri baik, yang hidup di usus manusia. Yakon mempunyai sepertiga dari nilai keseluruhan kalori gula atau seputar 20 kalori per sendok makan

Walaupun demikian, yakon masih mempunyai resikonya, jika dikonsumsi kebanyakan. Yakon beresiko menyebabkan diare serta sakit perut, buat sebagian orang. Hingga, Anda dianjurkan untuk masih bijak waktu mengkonsumsinya.

Tidak hanya pemanis alami di atas, sebetulnya ada pemanis lain, yang bisa jadi alternatif gula. Contohnya madu, gula kelapa, sirup mapel, serta molase (tetes tebu).

Walaupun dikit lebih sehat, beberapa pemanis ini tetaplah termasuk jadi gula. Hingga semestinya jangan terlalu berlebih dalam mengkonsumsinya. Tetapi bagaimanapun, stevia, xylitol, eritritol, serta yakon masih jadi pilihan paling sehat dibandingkan pemanis lain.

0 komentar:

Posting Komentar