catatan Seputar Informasi Ter Update

Sabtu, 24 Agustus 2019

7 Jenis Spare Part Sepeda Motor yang Harus Sering Anda Periksa


Setiap mesin terdiri dari bagian-bagian yang kecil dimana kesemuanya saling berkesinambungan dalam bekerja. Karena setiap bagiannya saling mempengaruhi, maka jika  ada salah satu bagian yang mengalami kerusakan, maka bagian yang lain tentu juga akan mengalami hambatan. Inilah yang disebut sebagai spare part dimana ada bagian kecil namun mempengaruhi kinerja secara keseluruhan.
Maka memeriksa setiap bagian dari mesin adalah hal yang penting untuk dilakukan. Begitu pula dengan kendaraan yang Anda gunakan. 



Misalnya saja sepeda motor. Banyak bagian dari sepeda motor yang harus diperiksa dan diganti dalam waktu tertentu. Anda perlu untuk membawanya ke bengkel resmi jika ada bagian yang mengalami kerusakan. Ini supaya Anda mendapatkan barang yang asli.

Spare Part yang Harus Rajin Diperiksa

Dari sekian banyak bagian motor, biasanya ada bagian-bagian yang bisa dipastikan lebih cepat mengalami kerusakan dan memerlukan untuk diganti secara rutin. Jika Anda tidak mengeceknya secara teratur, motor bisa saja tidak berfungsi secara maksimal bahkan bisa mogok total. Lalu apa saja bagian sepeda motor yang sering mengalami kerusakan sehingga harus sering-sering diperiksa? Simak ulasannya berikut ini ;

  1. Busi Motor
Jika motor mogok apalagi setelah menerjang banjir atau genangan air maka sudah bisa dipastikan bahwa busi yang mengalami kerusakan. Benda kecil ini berguna untuk memercikkan bunga api sehingga proses pembakaran pada motor dapat berlangsung. Busi tidak boleh lembab atau terkena air sehingga Anda harus mengecek kondisinya apalagi di musim penghujan.

  1.  Ban motor
Bagian yang juga sangat sering rusak adalah ban sepeda motor. Banyak yang menjadi penyebabnya baik tusukan benda tajam, kelebihan beban, ataupun memang sudah aus. Hal yang perlu untuk Anda perhatikan terkait ban adalah kondisi udara (kempes atau tidak), posisinya tetap center, kondisi ban dalam sesuai dengan ban luar. Atau jika ban sudah tipis maka Anda juga harus segera mengganti.

  1. Accu
Spare part motor yang juga sering mengalami kerusakan adalah accu. Biasanya dicirikan dengan starter yang tidak bisa dijalankan. Accu sekarang jauh lebih mudah habis dibandingkan accu pada motor tahun-tahun sebelumnya. Penyebabnya adalah kelebihan aliran listrik pada motor. Saat rusak, Anda harus mengganti dengan accu yang baru.

  1. Kampas Rem
Bagian ini sudah pasti akan aus dan memang harus diganti secara rutin. Namun Anda harus  sering mengontrolnya supaya masa gunanya jauh lebih lama dan tidak segera aus. Biasanya penyebab ausnya adalah setelan rem yang tidak tepat. Anda bisa mengatur ulang. Jangan terlalu kencang dan terlalu longgar.

  1. Bohlam
Lampu memang seringkali mengalami kerusakan. Penyebabnya adalah bohlamnya yang putus. Baik bohlam pada lampu utama, sein, ataupun speedometer. Anda harus membeli bohlam dengan kualitas yang baik jika ingin umurnya panjang. Namun bisa juga penyebab kerusakannya adalah kelistrikan motor yang membuat bohlam menjadi putus.

  1. Gearset dan rantai
Untuk Anda yang memiliki motor berantai, Anda harus sering-sering mengecek bagian ini ya. Sering sekali motor di jalan yang mengalami putus rantai dan gear set yang tidak sesuai posisinya. Jangan lupa untuk selalu menggunakan pelumas untuk menjaga kondisinya.

  1. Seal karet
Bagian ini ada banyak dan tersebar di beberapa bagian sepeda motor. Ketika melakukan service, mintalah untuk memeriksa seal karet yang urgent seperti seal karet pada oli. Biasanya penyebabnya adalah suhu mesin yang tinggi atau setelah terjadi benturan karena menghantam lubang di jalan.

Demikian beberapa ulasan mengenai spare part yang paling sering rusak sehingga harus rajin diperiksa. Anda harus waspada untuk mengeceknya secara berkala ya. Supaya sepeda motormu dapat berfungsi secara optimal dan tidak ada kerusakan yang berarti.

0 komentar:

Posting Komentar