catatan Seputar Informasi Ter Update

Minggu, 15 September 2019

Menilik Sejarah Singkat Tentang Tugu Surabaya


Tugu Surabaya merupakan salah satu di antara ikon tugu terkenal di Surabaya. Ikon yang menjadi kebanggaan kota Surabaya ini merupakan sebuah tugu untuk mengenang perjuangan bangsa Indonesia khususnya rakyat Surabaya terhadap kolonialisme dan penjajahan.



Deskripsi Umum Tugu Surabaya

Tugu ini dibangun dengan tujuan untuk mengenang pertempuran paling dikenang dalam sejarah perjuangan kemerdekaan Indonesia, yakni tanggal 10 November 1945 yang kini dikenal sebagai hari pahlawan. Surabaya tentu memiliki sejarah tersendiri khususnya yang berkaitan dengan tugu ini.

Hal ini karena tugu ini memiliki arsitektur yang khas dengan nuansa perjuangan. Tugu ini memiliki bentuk yang khas, mengingatkan segera tentang masa perjuangan Indonesia. Tugu ini berbentuk paku terbalik dengan diameter bawah lebih besar dibandingkan dengan diameter bagian atas.

Tugu ini dibangun dengan tinggi hingga 41,15 meter atau sekitar 45 yard. Diameter yang dibangun mencapai 3,1 meter semakin mengecil hingga ke bagian atas tugu. Di tempat ini, tidak hanya ada bangunan tugu yang bersejarah tetapi ada juga patung - patung lain dan bangunan lain.

Beberapa patung yang juga dibangun di sekitar area tugu ini ada patung Ir. Soekarno dan Drs. Mohammad Hatta sebagai presiden dan wakil presiden pertama di Indonesia. Kedua patung ini berada di sekitar area tugu.

Tidak hanya itu saja, ada juga pilar - pilar yang juga berisi tulisan pembangkit semangat. Masih di sekitar area yang sama, sebuah museum juga dibangun pada tahun 2000. Pada museum ini berisi diorama menarik yang juga selaras dengan semangat sejarah Tugu Surabaya.

Tugu ini berlokasi di pusat kota Surabaya sehingga tidak sulit untuk menemukan tempat ini. Selain mudah dijangkau dengan kendaraan pribadi maupun umum, Anda bisa juga mencari lokasi ini yang bertempat di tengah - tengah Jl. Pahlawan, Jl. Bubutan, Jl. Tembaan, dan Jl. Kebon Rojo.

Anda akan dengan mudah menemukan Tugu Surabaya ini karena letaknya berada tepat di depan kantor Gubernur Jawa Timur. Asal muasal pembangunan tugu ini menurut berbagai pendapat berasal dari dua nama berbeda.

Sejarah Asal Muasal Tugu Surabaya

Menurut Gatot Barnowo, monumen bersejarah ini dibangun atas ide dari Doel Arnowo yang kala itu menjabat sebagai Kepala Daerah Kota Besar Surabaya, yang kemudian dilanjutkan oleh Ir. Tan yang merancang gambar monumen tersebut sebelum diberikan kepada presiden Soekarno.

Pendapat lain menyatakan bahwa pemrakarsa tugu ini adalah Ir. Soekarno sendiri yang kemudian mendapat perhatian khusus dari walikota Surabaya, Doel Arnowo yang kemudian perencanaannya diserahkan kepada Ir. R. Soeratmoko.

Monumen sejarah Tugu Surabaya ini berhasil dibangun selama sepuluh bulan melalui berbagai pihak, mulai dari awal pembangunan yang ditangani oleh Balai Kota Surabaya hingga dilanjutkan oleh Indonesian Engineering Corporation,dan terakhir diselesaikan oleh Pemborong Saroja.

Tugu ini akhirnya dapat diresmikan pada tanggal 10 November 1952. Pada tahun 1991 hingga 1996, dilakukan pembenahan di kawan tersebut serta di Museum Perjuangan yang terletak di bawah tugu. Pembenahan ini dipimpin oleh arsitek kawakan bernama Ir. Sugeng Gunadi.

Adanya tugu ini tidak lepas dari perjuangan masyarakat Surabaya yang tanpa kenal takut dan tidak sedikit pun gentar untuk melawan penjajah. Rakyat Surabaya dengan tekad sekuat baja dan kekuatan bambu runcing berhasil memukul mundur lawan.

Meski kemenangan ini berharga sangat tinggi akibat banyaknya rakyat yang meregang nyawa karena berjuangan mempertahankan harga diri Indonesia. Peristiwa terkenal dan bersejarah ini tercatat pada tanggal 10 November 1945 yang kemudian diabadikan menjadi Tugu Surabaya.

Deskripsi: Tugu Surabaya ini merupakan salah satu tugu yang dibangun untuk mengenang perjuangan rakyat Surabaya dalam mempertahankan harkat Indonesia dengan cara mengalahkan para penjajah.

0 komentar:

Posting Komentar