catatan Seputar Informasi Ter Update

Jumat, 13 September 2019

Para Calon Ibu, Kenali Tanda-tanda Akan Melahirkan Berikut Ini!


Bagi wanita yang sedang mengandung anak pertama, rasa bahagia bercampur cemas pasti dirasakan. Bahagia karena sebentar lagi akan menyambut kedatangan buah hati tercinta dan rasa cemas karena khawatir mengenai proses kelahiran. Saat melakukan kontrol kehamilan di rumah sakit, dokter kandungan biasanya akan memberikan perkiraan waktu melahirkan. 

Namun tanggal yang diberikan dokter tersebut bisa saja maju, mundur atau sesuai sehingga ibu tetap harus bersiap-siap jika usia kandungan sudah cukup umur. Untuk bisa mengetahui kapan akan segera melahirkan, sebenarnya ada tanda-tanda akan melahirkan yang kerap dirasakan ibu hamil seperti berikut ini.



Untuk tanda ibu akan segera melahirkan, bisa diketahui dari beberapa cara yaitu:

  1. Posisi bayi yang sudah turun.
Jika ibu merasakan bahwa bayi di dalam kandungan yang awalnya berada di perut tengah berubah menjadi berada di perut bagian bawah, itu berarti bayi sudah pada posisinya untuk segera keluar. Di masa ini, ibu hanya perlu menunggu kurang dari 4 minggu saja untuk bisa bertemu buah hati secara langsung. Di masa ini ibu akan menjadi lebih sering ke kamar mandi karena posisi bayi yang mendesak kandung kemih.

  1. Pembukaan terakhir.
Yang dimaksud pembukaan adalah lebar dari mulut rahim yang terbuka atau mengendur. Pembukaan terakhir adalah pada posisi 10 cm atau saat 10 jari bisa dimasukkan sepenuhnya dengan cukup mudah pada leher rahim. Itu berarti leher rahim telah mempersiapkan jalan keluar bagi sang bayi.

  1. Nyeri atau kram.
Semakin dekat dengan masa kelahiran, semakin sering ibu bisa merasakan nyeri atau kram terutama di daerah punggung dan pinggang. Bagi ibu yang baru akan melahirkan untuk pertama kalinya, kram dan nyeri juga bisa dirasakan di bagian perut bawah, paha dan sekitar dubur.

  1. Diare, mual dan muntah.
Bukan hanya di awal kehamilan saja ibu hamil bisa mengalami mual dan muntah. Diare, mual dan muntah juga menjadi salah satu tanda-tanda akan melahirkan yang lazim ditemui. Hal ini berkaitan dengan produksi hormon yang juga merangsang usus lebih aktif dibandingkan biasanya.

  1. Perubahan energi.
Ibu hamil juga bisa mengalami perubahan energi dari yang sering merasa malas menjadi bersemangat. Ibu menjelang kelahiran tiba-tiba ingin membersihkan kamar bayi hingga rumah. Hal ini normal terjadi sehingga tidak perlu dikhawatirkan. Namun tetap perhatikan kesehatan dan kondisi perut dengan tidak melakukan pekerjaan berat.

  1. Perubahan mood / swing mood.
Selain perubahan energi, ibu yang sebentar lagi akan melahirkan juga akan mengalami swing mood atau perubahan mood yang signifikan. Ibu bisa tiba-tiba menangis, terharu dan sebagainya. Sebaiknya di saat-saat akan melahirkan, ibu selalu ditemani anggota keluarga terutama dari suami agar dapat berbagi apa yang dirasakan dalam menyambut buah hati.

  1. Keputihan.
Sering keputihan dan keluar lendir menandakan bayi akan segera keluar dalam hitungan 1- 2 minggu bahkan hari.

  1. Kontraksi lebih sering.
Dalam satu hari, ibu bisa merasakan kontraksi yang lebih lama dan lebih sering dibandingkan sebelumnya. Jika semua gejala di atas sudah dirasakan, sebaiknya segera membawa ibu ke rumah sakit.

Tanda terakhir adalah pecahnya ketuban yang bisa terjadi perlahan maupun langsung dalam jumlah banyak. sebaiknya hal ini terjadi saat ibu sudah berada di rumah sakit sehingga bisa mendapatkan tindakan yang semestinya. Itulah tanda-tanda akan melahirkan yang umum terjadi untuk memberikan informasi bagi ibu agar tidak selalu cemas menanti buah hati.

0 komentar:

Posting Komentar