catatan Seputar Informasi Ter Update

Selasa, 15 Oktober 2019

Makna Dari Nasi Tumpeng Yang Perlu Kalian Ketahui

Apa sich yang kalian pikirkan waktu dengar tumpengan? Ya, tentunya sama dengan perayaan-perayaan kecil atau besar. Semua perayaan seperti ulang tahun, reuni, keagamaan, syukuran, tradisi, sampai menyongsong Hari Kemerdekaan Indonesia, banyak yang pesan nasi tumpeng.



Menurut riwayat, nasi tumpeng ini dibikin buat memuliakan gunung jadi tempat bersemayamnya beberapa arwah nenek moyang. Dari memiliki bentuk mengerucut seperti gunung, nasi tumpeng ini terkait erat dengan kondisi alam di Indonesia yang terdapat banyak gunung serta perbukitan.

Arti dari Tumpengan masih sama juga dengan jaman saat ini, yaitu rasa terima kasih pada Tuhan yang Maha Kuasa, nah bagi kalian yang ingin pesan nasi tumpeng di daerah Jakarta, kalian bisa memesannya di Nasi Tumpeng Jakarta serta bisa melihat lihat aneka menu nya di webnya di nasitumpengjakartaselatan.com.

Nasi tumpeng tidak cuma sebatas makanan dengan penampilan yang menarik serta rasa yang lezat. Kedatangan nasi berupa kerucut yang dibarengi lauk pauk pilihan ini, demikian sarat arti filosofis yang indah.

Nasi tumpeng adalah bentuk representasi jalinan di antara Tuhan dengan manusia serta manusia dengan sesamanya.

Catering Masakan Rumahan Dengan etimologi dalam warga Jawa, diketemukan jika kata 'tumpeng' adalah akronim dari kalimat 'yen meTu kudu meMPENG'," yang bermakna "saat keluar harus serius semangat".

"Mungkin tujuannya ialah manusia saat terlahir harus jalani kehidupan di jalan Tuhan dengan semangat, meyakini, konsentrasi, tidak gampang putus harapan. dalam proses itu semua, yakinlah jika Tuhan ada bersama dengan kita.

Dengan ide mengerucut serta menjulang tinggi, mempresentasikan ide ketuhanan yang memiliki derajat tinggi serta esa, dan ada di pucuk. Diluar itu, ide menjulang tinggi ini memvisualisasikan keinginan adar tingkat kehidupan manusia makin tinggi atau sejahtera.

Nasi tumpang atau nasi kerucut ini diatur demikian rupa di atas tampah yang dialasi dengan daun pisang, dan dikelilingi 7 jenis lauk dipinggirnya.

Angka 7 dalam bahasa Jawa disebutkan pitu, yang dapat dilanjutkan jadi pitulungan atau pertolongan. Dari ke-7 jenis lauk itu, semasing memiliki arti yang tergambarkan di tiap sajian.

Warga kita sejak dahulu telah kenal nasi jadi makanan penting. Dalam penyajian nasi tumpeng ini awalannya cuma nasi putih, tetapi divariasikan dengan nasi uduk atau nasi kuning. Arti nasi putih ini memvisualisasikan suatu hal yang kita makan harusnya datang dari sumber yang halal yang bersih.

0 komentar:

Posting Komentar