catatan Seputar Informasi Ter Update

Senin, 10 Februari 2020

Fakta Kolesterol LDL Dan Kolesterol HDL

Pengetahuan ini sangat bermanfaat tidak hanya untuk para penderita kelebihan kolesterol tetapi juga bagi siapa saja yang ingin mengetahui informasi tentang apa itu kolesterol dan jenisnya apa saja. Informasi ini penting agar kita mengetahui batasan apa saja yang bisa kita lakukan agar kita tidak kena dampak buruk dari kolesterol itu sendiri. Untuk itu kami merasa perlu dalam rangka menyajikan informasi terkait fakta kolesterol LDL dan kolesterol HDL.



Menurut pendapat dr. Samuel Oetoro, MS, Sp.GK. dari Universitas Indonesia, tepatnya Departemen Gizi Fakultas Kedokteran, kolesterol merupakan jenis lemak yang amat rumit yang ada dalam tubuh yang terbagi menjadi tiga kategori yaitu LDL, HDL dan Trigliserida.

Banyak orang berasumsi bahwa kolesterol sangatlah berbahaya bagi tubuh, namun kolesterol juga memilki peran penting dalam tubuh kita namun dengan jumlah kadar kolesterol yang normal. Ternyata kolesterol mempunyai peran yang amat vital dalam proses pembentukan membran sel dalam tubuh, vitamin D dan membentuk beberapa hormon penting yang bermanfaat bagi tubuh.

Sedangkan menurut professor yang ahli dalam bidang teknologi pangan dan gizi dari Institut Pertanian Bogor Prof. DR. Made Astawan, MS, tubuh manusia sangat membutuhkan kolesterol. Kadar kolesterolĂ‚  terbaik yang harus dimiliki oleh setiap individu adalah 1.100 miligram kolesterol per hari dan ini berfungsi untuk menjaga eksistensi dinding sel dan fungsi fisiologis lainnya.

Perlu anda perhatikan bahwa ada dua jenis kolesterol yang berserangan secara fungsinya yaitu HDL (High Density Lipoprotein) atau dikenal dengan kolesterol baik dan LDL (Low Density Lipoprotein) atau disebut dengan kolesterol jahat. Kolesterol jabatlah yang sangat merugikan tubuh karena fungsi dari kolesterol LDL ini membentuk plak merugikan di dalam pembuluh darah arteri dan ini menimbulkan penyakit mematikan yaitu serangan jantung. Sedangkan fungsi dari kolesterol baik HDL adalah untuk membantu proses pengeluaran kolesterol jahat dari darah. Jadi untuk menyehatkan tubuh anda jumlah HDL dalam tubuh harus lebih besar dalam tubuh daripada LDL.

Apa yang anda harus lakukan untuk membuat kadar kolesterol HDL lebih besar daripada LDL. Ada beberapa langkah yang bisa anda terapkan selain metode konvesional seperti obat – obatan kimia yaitu dengan menjaga pola hidup sehat seperti pola makan, olahraga teratur dan pengobatan alami herbal. Secara rinci bisa dijabarkan dengan menjaga berat badan ideal, melakukan olahraga atau aktivitas fisik lainnya selama kurang lebih 30 menit perhari dan mengatur pola makan yang kadar lemak tinggi khususnya lemak jenuh. Ternyata, mempelajari dan mengetahui Fakta Kolesterol Ldl Dan Kolesterol Hdl itu penting untuk membantu kita menjaga kesehatan dan meraih yang terbaik dari hidup.

0 komentar:

Posting Komentar